Mahasiswa Unsera Dianugerahi Tokoh Muda Berprestasi

Serang, LPMWisma.com – Sebagai bangsa yang besar dan tidak melupakan sejarah, Sumpah Pemuda selalu diperingati setiap tahunnya di Indonesia, bahkan bulan Oktober kerap disebut sebagai bulan pemuda.

Mengintip kilas balik sejarah lahirnya Sumpah Pemuda. Diawali dari sebuah kongres pemuda kedua, yang digagas oleh Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI), yakni sebuah organisasi yang beranggotakan pelajar-pelajar seluruh Indonesia, yang akhirnya dari kongres inilah lahir Sumpah Pemuda.

Semangat perjuangan perlu ditanam dalam diri pemuda untuk mengisi kemerdekaan dan melanjutkan cita-cita pemuda terdahulu untuk mengharumkan nama Indonesia. Atas dasar itu, untuk memperingati Sumpah Pemuda yang ke 22 tahun, sebuah penganugerahan kepada tokoh-tokoh muda berprestasi pun digelar oleh Rumah Prestasi. Acara yang bertajuk Penganugerahan Tokoh Muda Berprestasi 2020 “Kontribusi Pemuda Untuk Negeri” ini dilaksanakan di Aula Rumah Prestasi hari Rabu (28/10) .

Dua mahasiswa Universitas Serang Raya (Unsera) masuk dalam kategori mahasiswa berprestasi yakni Ega Setyawan dan Kurnia Al-fandi. Keduanya menerima sertifikat penganugerahan yang diserahkan secara langsung oleh Mujang Kurnia selaku Direktur Rumah Prestasi dan Nur Agis Aulia selaku Anggota DPRD Kota Serang sekaligus agropreneur muda.

“Untuk pertama kalinya Rumah Prestasi menggelar acara ini, hal ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada pemuda yang mau bergerak untuk masyarakat baik di dunia sosial, ekonomi, budaya, atau pendidikan tapi juga tetap berprestasi di bidang akademiknya” ujar Mujang Kurnia selaku Direktur Rumah Prestasi

Ia juga menjelaskan bahwa dari banyaknya peserta yang masuk nominasi, mereka semua berprestasi, tapi hanya 10 mahasiswa dan 5 pelajar saja yang berhak mendapat penganugerahan ini.

“seandainya orang-orang yang menyusun sumpah pemuda dulu masih ada, mungkin akan saya berikan penghargaan ini juga” selorohnya ditengah wawancara.

Menanggapi hal itu, Ega Setyawan mengatakan dengan adanya penganugerahan ini membuat pemuda khususnya mahasiswa bisa lebih berprestasi lagi dan terus melakukan hal-hal baik. “Terimakasih kepada Rumah Prestasi, saya harap akan ada lebih banyak lagi pemuda yang menginspirasi dan berprestasi khususnya di provinsi Banten” tutur mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis ini.

Disisi lain Kurnia Al-fandi mengungkapkan rasa bahagianya setelah diberikan penganugerahan. “sebenenya saya merasa tidak pantas menerima penganugerahan ini karena banyak yang lebih baik dari saya, tapi syukur alhamdulillah artinya saya diberi kepercayaan untuk ikut berkontribusi pada negeri” ucap lelaki yang akrab disapa Kurnia ini.

Mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi ini pun mengatakan bahwa pemuda harus punya support system yang baik untuk terus melakukan kegiatan yang berdampak positif kepada masyarakat sekitar. Dan saat ini, Ia bersama tim Cendikia Serang Raya akan mengikuti ajang internasional Invention Innovation Fair dan terpilih sebagai peserta virtual expo di OCIIP Africa 2020. Hal ini tentu tidak terlepas dari dukungan semua pihak.

Selain memberikan penganugerahan kepada pemuda, dalam acara ini juga Rumah Prestasi mengundang Nur Agis Aulia sebagai tokoh inspirator. Dalam sambutannya ia mengatakan anak muda harus punya manajemen waktu yang baik,
mimpi yang jelas dan rencana hidup yang teratur, serta yang paling penting adalah konsistensi. “Kesuksesan itu milik semua orang, dan semua orang punya kesempatan untuk sukses, namun kesempatan tidak datang dua kali, tapi setiap orang yang berusaha pasti bisa menemukan kesempatan. karena salah satu indikator orang sukses adalah melakukan sesuatu diatas rata-rata” ucapnya saat menutup sambutan.

Dari acara ini, Mujang Kurnia berharap anak-anak muda dapat lebih semangat untuk bersama-sama menjadi manusia yang memiliki kebermanfaatan untuk khalayak, sukses bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk orang lain.(Mila/LPMWISMA)

Reporter : Mila
Editor : Mila

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *