Tingkatkan Ekonomi, KKM 60 Unsera Luncurkan Toge Chrispy

Serang, LPMWisma.com – Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) kelompok 60 dari Universitas Serang Raya (Unsera) melakukan pengabdian kepada masyarakat di kampung Ciberko, kelurahan Kalitimbang selama 1 bulan.

Dalam mewujudkan tridarma perguruan tinggi, KKM kelompok 60 melakukan beragam kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat. Salah satunya adalah mengoleh toge yang menjadi sumber daya desa. Awalnya toge hanya diolah menjadi bakwan atau megeli. Melihat adanya peluang untuk berinovasi, Bagus Wisnu dan rekan rekan kelompok 60 pun membuat terobosan baru dengan mengolah toge menjadi peyek dan toge chrispy.

Bagus Wisnu, Ketua KKM 60 mengatakan “di kampung ini banyak sekali pengrajin toge, tapi yang mereka tau produk olahan nya hanya megeli, oleh karena itu, kami disini ingin meningkatkan daya jual toge dengan inovasi baru, supaya nantinya masyarakat desa ini bisa sejahtera karena perekonomiannya meningkat” tuturnya.

Kepada ibu-ibu kampung setempat, KKM 60 memberikan arahan untuk membuat peyek toge dan toge chrispy. Selain rasanya jadi lebih nikmat, inovasi berupa pengolahan, rasa dan kemasan pun dapat mempengaruhi harga jual di pasar.

Bagus berharap inovasi ini dapat dijalankan sesuai tujuan awal dan dapat dikembangkankan dengan inovasi-inovasi kreatif lainnya. “kami berharap proses ini tidak hanya berjalan sementara saja, dan semoga hasil dari penjualan produk peyek toge dan toge chrispy nantinya dapat meningkatkan perekonomian keluarga masyarakat kampung ciberko ini” ujar mahasiswa Teknik Kimia semster 6 ini. (MT/LPMWisma)

Reporter : MT
Editor : Red