Refleksi September Hitam, KBM FEB Menolak Lupa

Serang, LPMWisma.com- Sejumlah mahasiswa mengadakan aksi refleksi dalam momentum September Hitam, di belakang gedung B Universitas Serang Raya (Unsera) pada hari Jumat (11/9)

Keluarga Besar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Keguruan Ilmu Pendidikan – Vokasi (FEBKIP) beserta mahasiswa lainnya melakukan aksi refleksi dalam rangka menjaga ingatan di bulan September, yang penuh dengan rentetan peristiwa pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Aksi dengan tema “Menjaga Ingatan September Hitam di Kampus Kapitalis”, di warnai dengan berbagai orasi ilmiah dan puisi oleh mahasiswa dengan memegang poster korban-korban HAM di masa lampau.

Selain menjaga ingatan atas peristiwa di masa lampau, DPM FEB Khoirul Anwar mengingatkan Pelanggaran HAM di sekitar kampus. “Perlu di ingat pelanggaran HAM masih sering terjadi bahkan di sekitar kita, misalnya seperti tindakan rektorat pada aksi tempo lalu yang menuntut adanya pengurangan biaya operasional perkuliahan namun berujung tindakan represif dari kampus kepada salah satu mahasiswa. Dan hari ini pun kami sempat tidak di perbolehkan melakukan aksi dengan dalih PSBB” pungkas Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FEB, Khoirul Anwar.

Walaupun dengan status PSBB di berlakukan kembali. Koordinator lapangan aksi meyakinkan aksi ini di jalani dengan memakai protokol kesehatan & menjaga jarak. “Aksi ini kami lakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, serta kami juga menjaga jarak satu sama lain” ujar korlap aksi Khoirul Umam.

Aksi refleksi kali ini diharapkan mampu menjadi percikan perlawanan, Sehingga tidak ada lagi pelanggaran-pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia maupun di kampus. “Kami berharap dengan adanya refleksi ini mampu menjaga ingatan antar mahasiswa, sehingga tidak ada lagi pelanggaran HAM yang ada di sekitar kita dan kami juga mendesak pemerintah untuk menyelesaikan kasus-kasus HAM Berat” tutur Khoirul Umam.(RG/LPMWisma)

Reporter : RG
Editor : MT