Selenggarakan Seminar AMDAL, Ketuplak : Tidak Semua Pembangunan Rusak Lingkungan

Serang, LPMWISMA.com – Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Unsera (Himatsu) selenggarakan seminar nasional analisis mengenai dampak lingkungan dalam rangkaian acara Civil Engineering Fair 2019. Kegiatan yang  berlangsung di Auditorium Lt. 6 Unsera tersebut ramai di hadiri oleh mahasiswa Prodi Teknik Sipil.

Mengusung tema “Pengaruh Aktivitas Pembangunan Terhadap Kelestarian Lingkungan Hidup”, seminar ini menghadirkan tiga pemateri yang merupakan akademisi teknik sipil dan lingkungan hidup, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Serang, dan pihak pelaku usaha konstruksi (14/11).

“Karena banyak masyarakat yang berpikiran pembangunan ini merusak lingkungan, kita ingin memberikan pemahaman terkait (stigma) itu. Kita datangkan tiga pembicara supaya melihat hal ini dari sudut pandang ketiga pihak (Akademisi, Dinas Lingkungan Hidup, dan kontraktor),” ujar Andi Suwandi selaku ketua pelaksana. Ia juga menjelaskan bahwa sebelum adanya pembangunan harus didahulukan dengan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) supaya kelestarian lingkungan hidupnya tetap terjaga.

Diharapnya dengan adanya seminar ini mahasiswa teknik sipil bisa lebih memahami bagaimana penerapan Amdal agar tidak terjadi kerusakan lingkungan. “Tidak semua pembangunan merusak lingkungan dan berdampak negatif. Jika ada Amdalnya pembangunan tersebut bisa berdampak positif bagi masyarakat sekitar.” tutup Andi.

 Selain seminar nasional, akan ada lomba-lomba serta hiburan yang berlangsung selama dua hari kedepan dalam Civil Engineering Fair 2019. (LPM Wisma/Rifki)

Editor : Dwi

Please follow and like us:
error