Hebat, Mahasiswa UNSERA Raih Juara 2 Lomba Esai Nasional di Universitas Brawijaya

SERANG, LPMWISMA.com – Mahasiswa Universitas Serang Raya (Unsera)  kembali menorehkan prestasi di kancah nasional. Dia adalah Kurnia Al Fandi mahasiswa Fakultas Sosial Ilmu Politik dan Hukum (FISIPKUM) jurusan Ilmu Komunikasi semester 7.  Kurnia menjadi Juara 2 pada ajang  IEEE Uiversitas Brawijawa Branch Essay National Competition (INTEC) 2019 yang disenggalarakan pada 20-22 September 2019 di Universitas Brawijaya, Malang.

Kegiatan INTEC 2019 yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya ini mengusung tema besar yaitu  “Inovasi Teknologi Demi Mewujudkan Era Industri 4.0”  dengan sub-tema agrokompleks, kesehatan, edukasi / pendidikan, layanan & fasilitas publik , dan smart factory.

Berangkat dari permaslahan museum yang kebanyakan hanya dapat dinikmati oleh kaum cendikiawan, pelajar atau keluarga kelas menengah ke atas saja, sedangkan masyarakat di desa jarang sekali dapat menikmati fasilitas yang kaya akan informasi baik sejarah maupun keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia. Maka hal ini lah yang mendasari kurnia mengangkat gagasan esainya yaitu MOBILE MUSEUM: MUSEUM keliling Berbasis Teknologi (Musling Tekno).

“Pada dasarnya banyak masyarakat terutama yang berada di desa-desa jarang sekali merasakan fasilitas publik layaknya museum. Maka museum mobile ini diharapkan mampu menjawab persoalan-persoalan tersebut,” ungkap Kurnia

Kurnia menjelaskan terdapat tahapan seleksi awal sebelum ditentukannya 10 besar peserta yang berangkat ke Malang untuk mempresentasikan karyanya dengan prototipe atau peralatan lainnya di depan dewan juri pada tanggal 21 September.

“Terdapat 23 peserta dari 7 Provinsi mengkuti tahapan seleksi awal dengan mengirimkan naskah esai melalui email yang kemudian dipilih 10 besar oleh dewan juri untuk berangkat malang,” ujarnya

Dalam ajang INTEC 2019  juara utama diraih oleh Universitas Brawijaya diikuti Universitas Serang Raya sebagai juara 2 dan Institut Teknologi Bandung sebagai juara 3. Selain itu terdapat kategori Best Innovation yang diraih oleh Universitaas Udayana Bali dan kategori Best Papper oleh Universitas Dian Nuswantoro. (LPM Wisma / RN)

Please follow and like us:
error