Peringati Hari Tani, BEM Unsera Gelar Diskusi

SERANG, LPMWISMA.com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Serang Raya (Unsera) Memperingati hari tani dengan membuka diskusi di kantin Unsera yang bertemakan “Wujudkan Reforma Agraria Sejati”. Kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji isu-isu pertanian di Indonesia, hal itu diungkapkan langsung Elsa Amelya selaku Mentri Kajian Isu dan Politik (24/09).

“Karena kita (BEM Unsera) bentrok dan baru banget selesai ospek, jadi kita belum bisa ikut dengan kawan-kawan dari universitas lain untuk memperingati hari tani. Makanya kita adakan diskusi ini di kantin kampus.” Kata Elsa.

Selain itu, Ega salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) mengatakan bahwa mahasiswa Unsera belum bisa dikatakan peduli terhadap peringatan hari tani, karena menurutnya masih banyak yang acuh terhadap kegiatan diskusi tersebut. “Kita ini sedang memperingati hari tani. Kita berdikusi bersama untuk mencari solusi atas permasalahan pertanian, bukan masing-masing acuh.” Ucapnya.

Menanggapi perspektif beberapa mahasiswa, kali ini Imam Tantowi selaku narasumber menjelaskan bahwa untuk menyelesaikan masalah pertanian tidak bisa dengan satu kali kajian, harus diadakan kajian lanjutan. Selain itu mahasiswa harus mendorong legislatif untuk membuat undang-undang yang pro terhadap petani. “Untuk menyelesaikan masalah pertanian harus diadakan kajian secara berlanjut, dan mahasiswa harus mendorong legislatif untuk membuat undang-undang yang pro terhadap petani.” Ujar narasumber yang akrab di sapa Kang Imam.

”Memerdekakan petani sama dengan memerdekakan ekonomi rakyat dan yang menjadi timpang adalah ketika lahan produktif digusur pemerintah untuk lahan industri. Diharapnya akan ada kajian berlanjut dan dilakukannya advokasi terhadap masyarakat untuk menemukan titik solusi dari permasalahan ini.” Tutup Imam. (LPM Wisma/Nurmulya Dwi)

Editor: Rizky Septyawidi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *