Urgensi BEM Dalam Menyikapi Kenaikan Student Financial

SERANG, LPMWISMA.com – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Serang Raya (BEM Unsera) telah mengadakan rapat pimpinan bersama Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Unsera guna mencari solusi mengenai polemik yang dirasa akan membebani mahasiswa yakni semester pendek, kenaikan student financial dan Biaya Operasional Pendidikan (BOP) menjadi topik pembahasan yang dilakukan oleh BEM Unsera pada jumat kemarin (27/07/2018).

Semester pendek yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang harus mengulang beberapa mata kuliah sudah berjalan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sejak awal juli dan ini merupakan tindak lanjut dari kritisi BEM yang sempat disampaikan pada 3 Mei 2018 lalu. “Setiap fakultas dan periode kepemimpinan pasti kebijakannya berbeda, yang agak menjadi beban adalah biayanya. Karena per SKSnya dikenakan sekitar Rp. 350.000,- dan ini lebih mahal dari  perguruan tinggi lain.” Jelas Aldi Haris Firdaus selaku Presiden Mahasiswa Unsera.

Kenaikan student financial yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru, tingkat pertengahan dan tingkat akhir ini mencakup biaya BOP dan SPP. “Surat keputusan rektor memang belum disahkan namun datanya sudah tertera di brosur-brosur dan website resmi Unsera.” Ujar Aldi.

Seiring dengan semester pendek dan kenaikan student financial, BOP pun agaknya memberatkan mahasiswa tingkat akhir sehingga ikut menjadi urgensi BEM dan KBM dalam rapat pimpinan tersebut. Kabarnya mahasiswa tingkat akhir yang tengah menjalani penyusunan skripsi, akan diwajibkan BOP jika mahasiswa tersebut melewati deadline penyusunan skripsi.

Sampai saat ini belum ada ketetapan nominal BOP, namun Rektorat Unsera sudah menerima surat terbuka yang dikirim oleh BEM Unsera. Menindaklanjuti rapat kajian jumat lalu, akan diadakan kajian khusus dalam menyikapi kenaikan student financial di kalangan mahasiswa baru, pertengahan dan akhir yang belum menyelesaikan studinya serta audiensi bersama Rektorat Unsera.

(LPM Wisma/Dwi & Fathia)

Editor: Wid

Please follow and like us:
error