Pentingnya Etika Yang Baik Dalam Public Speaking

SERANG, LPMWISMA.com – Untuk mengedukasi dan melatih public speaking, Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HMAP) telah menggelar pelatihan public speaking dengan tema “Be a Good Speaker with a Good Attitude” kemarin siang, Senin (14/05). Acara yang berlokasi di Auditorium lt. 6 Gedung A Universitas Serang Raya (UNSERA) tersebut menyuguhkan Geby Ramadhan (Komika SUCI 6) dan Dr. H. Abdul Malik, M. S.i. (Dekan FISIPKUM UNSERA) sebagai pemateri.

Afri Mavisita selaku ketua pelaksana menjelaskan, meskipun public speaking identik dengan ilmu komunikasi, bukan berarti mutlak di ranah tersebut. “Adminitrasi publik pun perlu (public speaking), karena nantinya kita akan berhadapan dengan banyak masyarakat.” Jelas Afri.

Suasana Pelatihan Public Speaking – 14/05/2018 (LPM Wisma/Fathia)

Selain itu dalam acara inti, Abdul Malik selaku pemateri mengatakan bahwa setiap manusia tidak bisa untuk tidak berkomunikasi dan harus mempunyai etika yang baik dalam berkomunikasi. Pernyataan tersebut didukung dengan pendapat Geby, “Etika sangat penting menurut saya, karena public speaker yang beretika lebih menarik pendengarnya untuk memperhatikan.” Ujar Geby.

Dijelaskan pula mengenai  permasalahan yang ada di era sekarang adalah banyak orang yang gugup, tidak percaya diri, dan kurang beretika ketika berbicara di depan publik. Maka dari itu dibutuhkan latihan dan penguasaan materi untuk persiapan public speaking.

Senada dengan Abdul Malik, Geby pun mengawali karirnya sebagai komika dengan latihan yang dibarengi jam terbang. “Sepaham apapun teori public speaking, sesering apapun menghadiri acara seminar public speaking yang bersertifikat, tetap percuma jika tidak ada praktiknya.” Tegasnya di sela-sela pembahasan materi.

Dengan adanya pelatihan public speaking ini diharapkan bisa membuat pesertanya lebih paham mengenai etika berbicara di muka umum serta menjadi public speaker beretika yang baik karena Abdul Malik menyampaikan bahwa komunikasi yang baik mampu membangun peradaban yang baik. (LPM Wisma/Dwi, Fathia)

Editor: Wid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *