Kunjungi Pengadilan Negeri Dan Lapas, Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum Unsera Lebih Dekat Dengan Praktik Hukum

SERANG, LPMWISMA.com – Mahasiswa prodi Ilmu Hukum Universitas Serang Raya (UNSERA) telah melakukan kunjungan perdana ke Pengadilan Negeri dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas (LAPAS) IIA Serang, Selasa (10/04). Kunjungan ini merupakan studi lapangan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai tata cara persidangan dan dalam rangka memenuhi nilai tugas ujian akhir semester, yang diselenggarakan oleh pihak akademik prodi ilmu hukum UNSERA dengan menunjuk beberapa mahasiswanya untuk menjadi panitia pelaksana.

Kegiatan ini diikuti oleh 56 mahasiswa prodi Ilmu Hukum yang didampingi oleh Rokilah, Hasuri, dan Lalu Farhan Nugraha sebagai dosen pembimbing studi lapangan. Di awali dengan kunjungan ke Pengadilan Negeri Serang yang disambut oleh Sumantono, ketua Pengadilan Negeri Serang sekaligus hakim. Dalam sambutannya, Sumantono memberikan segelintir wejangan kepada peserta sekaligus melakukan sesi tanya jawab berkenaan dengan ilmu hukum. “Adik-adik adalah angkatan pertama, maka kalian merupakan pelopor. Jangan takut dengan intervensi ketika meneggakkan keadilan.” Ujar ketua Pengadilan Negeri Serang dalam sesi tanya jawab.

Mahasiswa prodi Ilmu Hukum UNSERA saat mengunjungi Pengadilan Negeri Serang – 10/04/2018 (Foto: Putri)

Menginjak pertengahan hari, rombongan mahasiswa prodi Ilmu Hukum UNSERA beranjak untuk kunjungan selanjutnya ke LAPAS IIA Serang. Mereka disambut dengan kemeriahan penampilan marawis dari para narapidana terpilih. Selama prosesi penyambutan, mahasiswa dapat berdampingan dengan para penghuni sel. Lalu mahasiswa dan dosen diajak berkeliling LAPAS sekaligus berinteraksi dengan para penghuni sel secara langsung, sehingga mahasiswa bisa melihat langsung bagaimana keseharian para napi di LAPAS.

Kegiatan kunjungan seperti inilah yang dibutuhkan LAPAS untuk mengubah sudut pandang masyarakat terhadap para narapidana. “Selama ini masyarakat luas beranggapan bahwa narapidana adalah sampah, dengan kegiatan seperti inilah diharapkan adik-adik mahasiswa dapat mengubah stereotipe masyarakat yang seperti itu. Mereka bukan sampah, mereka juga sama seperti kita, manusia.” Pungkas Muh. Askari Utomo selaku Ka. Sie KPLP LAPAS IIA Serang.

Selain mengubah stereotipe masyarakat, khususnya mahasiswa yang berkunjung, kegiatan ini pula dapat menghilangkan kepenatan dan kebosanan para narapidana yang harus mendekam di dalam sel untuk waktu yang tidak sebentar. “Mereka (para narapidana) pasti senang dengan kunjungan adik-adik dari luar LAPAS, karena mereka juga membutuhkan peranan dari masyarakat luar. Entah itu hanya kunjungan temporer ataupun kunjungan lainnya yang dapat meningkatkan keterampilan mereka (memberikan pelatihan).” Tambahnya.

Pandu Winata, salah satu mahasiswa prodi Ilmu Hukum UNSERA mengaku merasa senang bisa melakukan studi lapangan ke Pengadilan Negeri dan LAPAS IIA Serang dan berharap akan lebih banyak lagi kegiatan studi lapangan seperti ini. “Awalnya ngerasa agak seram aja kunjungan ke LAPAS, apalagi kita ditugaskan untuk menganalisa kasus salah seorang narapidana dan harus berbincang-bincang dengan narapidananya. Tapi itu ga seseram yang dibayangkan, malah seru.” Ungkapnya. (LPM Wisma/Nurmulia)

Editor: Wid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *