FISIP Unsera Hasilkan Bibit Unggul Melalui Lomba Karya Tulis Ilmiah

SERANG, LPMWISMA.com – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Serang Raya (UNSERA) sukses mengadakan acara Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat fakultas yang bertajuk “Mencipta Kampus yang Bermartabat”. LKTI ini berlangsung selama kurang lebih 3 bulan, dimulai dari bulan Januari hingga pertengahan Maret untuk proses pendaftaran serta pengiriman naskah, akhir maret untuk seleksi naskah, serta babak final pada Lomba Karya Tulis Ilmiah yang bertepatan pada tanggal 4 April 2018 di Auditorium Lt. 6 UNSERA.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan atmosfer mahasiswa dalam menciptakan kampus yang bermartabat, yang mana kegiatan ini pun akan berdampak baik bagi akreditasi fakultas. “Diharapkan kegiatan ini dapat memacu kegiatan serupa di fakultas-fakultas lain UNSERA guna memupuk kreatifitas mahasiswa.” Ujar Dr. H. Hamdan, M.M selaku Rektor UNSERA dalam sambutannya yang dilanjut dengan membuka acara Seminar Hasil Lomba Karya Tulis Ilmiah. Tidak tanggung-tanggung panitia pelaksana menyiapkan hadiah total 8,25 juta rupiah beserta sertifikat dan trophy untuk para pemenangnya, yang mana pada setiap program studi di fakultas ini terdapat juara 1, 2, dan 3 serta juara umum fakultas.

Tercatat sebanyak 79 tim yang terdiri dari tiga orang mahasiswa dari FISIP UNSERA mendaftar serta mengirimkan karya tulisnya, setelah melewati tahapan seleksi naskah yang cukup ketat, akhirnya sebanyak 5 tim dari masing-masing program studi (Sains Komunikasi, Administrasi Publik, Ilmu Hukum) dengan total 15 tim dinyatakan lolos dan berhak melanjutkan ke babak selanjutnya yakni Seminar Hasil Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk mempresentasikan hasil karya tulisnya di hadapan dewan juri diantaranya Suryana Sudrajat, MA., Delly Maulana, MPA., Sulasno, SH., M.Hum. dan Rina Oktaviyanthi , M.Pd. Peserta dari setiap tim diberi waktu sebanyak 10 menit untuk mempresentasikan hasil karya ilmiahnya dan 10 menit lagi untuk sesi tanya jawab dengan dewan juri.

Suasana Seminar Hasil Lomba Karya Tulis Ilmiah – 04/04/2018 (LPM Wisma/Wid)

Yusran Hasbiatama, Irfan Hakim Sidik, dan Sofa Awaludin dari program studi Sains Komunikasi berhasil terpilih sebagai juara umum fakultas dengan karya tulisnya berjudul “Mengenalkan Budaya Literasi Kreatif dalam Kampus UNSERA”. Adapun pemenang pada setiap program studi, yakni :

Prodi Sains Komunikasi:

Juara 1: Elvira Febrina S., Irmawati, dan Kurnia Al-Fandi

Juara 2: Dinda Dewi Yanti, Roiyatuzzuhro, dan Yunisa Muliawati

Juara 3: Ilham Akbar, Merlia Putri, dan Rizki Pangkuwita

Prodi Adminitrasi Publik:

Juara 1: Anadza Istaftilah, Fadli Firdaus, dan Siti Soviah

Juara 2: Maudy Fatimah, Ratih Rantia, dan Rizka Syah Putri

Juara 3: Anggi Tinara, Nurfatma Asriyanti, Susi Sulastri

Prodi Ilmu Hukum:

Juara 1: Afra Baiatunnisa, Uul Hulma, dan Yusie Agustina Pratiwi

Juara 2: Dyan Febryan A., Eva Veronica, dan Messi Ratapan

Juara 3: Arman Josua Silalahi, Devi Paramita, dan Sahril Hamid

“Lomba Karya Tulis Ilmiah ini sangat luar biasa karena dengan adanya kegiatan ini bisa memudahkan dan membantu kami untuk menulis skripsi di akhir perkuliahan. Semoga acara ini terus berlanjut dan berkesinambungan setiap tahunnya. Tahun ini baru diadakan di tingkat fakultas, kalau bisa diadakan di tingkat Universitas bahkan rayon.” Pungkas Kurnia Al-Fandi, Juara 1 LKTI dari program studi Sains Komunikasi.

Terakhir,  Budi Hasanah, S.Sos., M.Si selaku Ketua Pelaksana LKTI berharap semoga seluruh warga kampus UNSERA baik dosen dan mahasiswa dapat bekerja sama untuk memberikan manfaat. “Mahasiswa tidak hanya belajar di dalam kelas, tetapi juga melakukan penelitian yang dibekali kepekaan terhadap sekitar dan kritis dalam menganalisa yang dituangkan ke dalam tulisan.” Tutupnya.

 (LPM Wisma/ Wid, Nurmulia, Suci)

Editor: Wid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *